Kamis, 28 November 2013

Lukisan Botol Karya 1 (Nemo and Dory)

Assalamu'alaikum W.R. W.B.

Halo rek ya opo kabare?? .....:D
Kalau aku sih sebenernya masih sakit, tp berhubung tugas banyak ya di paksain aja deh... OK GWS roro :)

langsung aja di postingan sebelumnya kita kan sudah membahas apa itu botol kaca lukis?, nah sekarang kita akan membahas cara membuatnya nih kawan. Karya saya yang pertama ini saya beri nama nemo and dory, mengapa saya mengambil gambar tsb?, itu dikarenakan saya suka sekali dgn film "Finding Nemo". dan ini adalah gambar karya saya :




karya ini aku buat sebagai tugas seni budaya di sekolah. tp sebelumnya saya mau berterimakasih dahulu kepada bapak Efendi selaku guru seni saya yang selalu memberi masukan positif maupun negatif terhadap karya saya ini....langsung saja ini dia :




Alat :

Kertas

Pensil

Kuas

Drawing pen

Palet cat

Pylox (cat semprot) warna bening dan kuning

Palu

Paku kecil

Gergaji

Celemek

Alas (plastic/kertas koran)

Bahan-bahan:

Cat Avian kecil warna merah, kuning, hijau, biru, hitam, putih.

Botol kaca ukuran sedang (bekas syrup)

Thinner

Triplek agak tebal

Pasir pantai (putih)

Plastik pembungkus

Tali emas

Tinta timbul berwarna hitam, hijau, dan biru

Lem kayu

Cara Membuat :

  1. Pilih botol kaca yang masih bagus, lalu cuci dan hilangkan labelnya menggunakan air.
  2. Buat sketsa menggunakan pensil  pada selembar kertas, namun  sebelumnya kertas tersebut telah diukur lebarnya dengan keliling lingkaran botol.
  3. Gambar sketsa tersebut pada botol kaca bagian luar dengan menggunakan drawing pen
  4. Lukis menggunakan kuas dengan warna yang sesuai seperti untuk nemo berwarna jingga dan putih, dory berwarna biru, sedangkan karang dan anemon laut berwarna hijau, merah muda, dan ungu. Untuk bagian-bagian yang lebih detail seperti mata, sirip dll lukis menggunakan cotton bud.
  5. Tunggu hingga cat kering sekitar 1 hari
  6. Tebalkan gambar dengan tinta timbul berwarna hitam.
  7. Tunggu kembali hingga kering sekitar 5 jam.
  8. Jika sudah kering semprot seluruk permukaan botol dengan pylox bening agar cat menempel kuat
  9. Sementara itu buat alas botol dengan triplek.
  10. Untuk membuat alas, pertama ukur dan potong triplek
  11. Lalu rangkai triplek dengan dipaku dan direkatkan dengan lem.
  12. Cat alas triplek menggunakan pylox kuning dan tunggu hingga cat kering(tunggu sekitar 1 jam)
  13. Hias alas triplek dengan tinta timbul berwarna hijau dan biru, dan hias pula bagian atas menggunakan pasir.
  14. Tempel botol kaca lukis dengan alas triplek menggunakan lem kayu.
  15. Isi botol dengan sedikit pasir pantai warna putih
  16. Selesai
Dan berikut gambar-gambar yang berhasil saya ambil saat pembuatan karya pertama saya

 
    Terimakasih. Semoga Bermanfaat bagi Anda sekalian...
    Wassalamu'alaikum
    by : AZ

0 komentar:

Posting Komentar